Ingin Membangun Home Theater? Perhatikan Dulu 6 Hal Krusial Ini 

Bagi para pemula, mendesain atau membuat salah satu ruangan di rumah menjadi home theater adalah sebuah tantangan besar.  Dikatakan demikian karena perlu bijak dalam mendesain tata letak sampai pemilihan furniture dan perangkat home theater yang akan digunakan. Tidak terkecuali untuk karpet, maka perlu teliti memilih saat mampir ke toko karpet langganan.

Apa saja yang musti diperhatikan saat membuat home theater?

Memiliki home theater tak melulu soal biaya, namun perlu ketelitian di beberapa aspek agar tidak kalah dengan suasana di bioskop ternama. Membantu menciptakan home theater idaman dan memberi kepuasan dalam menikmati hiburan elegan di rumah sendiri. Maka sebelum membuat home theater, perhatikan dulu beberapa hal krusial di bawah ini:

1.    Merancang desain home theater impian

Perhatian pertama dalam membuat home theater adalah masalah desain, yang tentu menjadi tonggak awal. Sebagai inspirasi maka bisa melihat tampilan gedung di dalam bioskop seperti apa, setidaknya menciptakan yang mirip. Pastikan memilih ruangan yang luas, tidak bising bahkan oleh tetangga, langit-langitnya tinggi, dan memiliki pintu tunggal. Namun dari semua yang disebutkan memang paling ideal adalah disesuaikan saja dengan anggaran yang tersedia.

2.    Menentukan konsep

Perhatian berikutnya adalah mengenai konsep, dan tentunya bisa disesuaikan dengan selera pribadi. Bisa memakai konsep bergaya vintage yang cenderung klasik atau konsep modern seperti tampilan bioskop di tanah air. Setelah konsep ditentukan barulah bisa memilih jenis kursi sampai motif dan warna karpet bisa dipilih. Sehingga penentuan harga karpet lantai maupun furniture lainnya tidak keliru.

3.    Memilih perangkat audio dan visual

Home theater akan terasa memuaskan jika ditunjang oleh perangkat audio dan visual yang optimal. Maka menjadi perhatian penting dan juga krusial supaya home theater ini memberi kepuasan saat menikmati film favorit. Pilih perangkat dengan teknologi terkini yang memberikan suara sampai tampilan video yang jernih. Pemilihan layar pun perlu diperhatikan dengan seksama, paling banyak dipilih adalah layar proyektor karena lebar sehingga memberi sensasi masuk ke bioskop.

4.    Mengatur sistem pencahayaan

Suasana di home theater yang dimiliki akan lebih terasa jika ditunjang pula dengan sistem pencahayaan yang bagus. Pastikan akan sangat terang ketika film belum diputar dan bisa mendadak gelap dengan sedikit pencahayaan atau remang saat film diputar. Sistem pencahayaan yang tepat akan memberikan sensasi masuk bioskop padahal hanya di rumah.

5.    Memperhatikan masalah peredaman suara

Masalah peredaman suara juga menjadi perhatian penting, sebab sebagus apapun perangkat audio dan visual yang dipakai. jika sistem peredam suara kurang bagus maka akan mempengaruhi kualitas perangkat tadi. Peredam yang dipakai bisa memilih yang dikenal bagus, termasuk untuk karpet yang juga berperan sebagai peredam. Jadi saat memilih jangan hanya fokus pada toko karpet jakarta namun juga kemampuannya dalam meredam suara.

6.    Memilih jasa profesional

Supaya home theater yang diinginkan memang memberi desain yang sesuai harapan dan sensasi sama persis dengan suasana di dalam gedung bioskop. Maka tidak ada salahnya memakai jasa profesional untuk membuatnya. Pilih yang memang berpengalaman dan kredibel, supaya tidak sekedar membuang-buang biaya.

Ada banyak hal yang musti diperhatikan sebelum membangun sebuah home theater impian di rumah sendiri. Detailnya sudah dijelaskan di atas, dan ternyata tetap musti teliti dalam memilih karpet. Sebab bisa menyempurnakan desain home theater agar mirip bioskop sekaligus meredam suara dengan maksimal, maka kunjungi toko karpet yang memang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *