Jenis-jenis Atap Galvalum yang Harus Anda Tahu

Di zaman modern ini ada banyak sekali jenis-jenis atap yang muncul, tidak hanya atap jenis genteng dari tanah liat saja, Anda bisa memilih atap dari tanah liat, logam, aspal, beton, dan galvalum. Sebagian besar orang yang tidak berkecimpung dalam dunia konstruksi pasti masih awam dengan atap galvalum. Atap ini sering juga dikenal dengan nama baja ringan, yaitu sebuah atap yang diadaptasi dari Jepang. Atap dari baja ini memiliki kualitas yang tinggi, bersifat tipis dan ringan. Banyak rumah modern yang sudah menerapkan jenis atap satu ini.

Jenis-jenis Atap Galvalum

Atap Galvalum

1. Seng Galvalum

Jenis seng galvalum tidak hanya diggunakan untuk tempat tinggal saja, banyak yang mulai mengaplikasikannya pada masjid, gedung-gedung dan industri lain. Adapun seng sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, sejak tahun 1800-an, ukurannya 83 x 200 cm dan memiliki ketebalan 0,5, 0,7 dan 1 mm. Bentuk seng galvalum sangat ringan dan tipis, sangat mudah dalam pemasangan.

2. Galvalum GMS Roof

Jenis ini sering digunakan untuk merancang bagian atap masjid, rumah maupun bangunan. Atap ini telah diuji oleh sebuah lembaga penelitian resmi hingga bertahun-taun dan hasil dari penelitian tersebut menandakan bahwa jenis ini sangat bagus digunakan. Anda akan mendapatkan banyak sekali kelebihan bila memilih jenis galvalum GMS Roof, mulai dari tidak mudah keropos hingga tidak membutuhkan perawatan yang khusus.

Harga dan Kelebihan Galvalum

Adapun jenis galvalum dilihat dari bentuknya terbagi menjadi beberapa macam. Pertama ada jenis galvalum dengan bentuk gelombang, harga galvalum jenis ini mulai dari Rp 47.000 perlembar hingga Rp 100.000-an. Harga jenis ini cukup terjangkau dibanding jenis lainnya. Kedua, plat BJLS galvalum permeter, harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding jenis gelombang, yaitu mulai dari Rp 100.000-an hingga Rp 300.00-an. Jenis ketiga ada plat BJLS perlembar, jenis ini cocok dipilih bagi Anda yang memiliki rumah luas, harga mulai Rp 200.000-an hingga Rp 1 jutaan per rol.Selanjutnya yang keempat ada plat BJLS galvalum per rol, harga yang diberandol mulai Rp 2,9 jutaan hingga Rp 8 jutaan.

Namun untuk harga di atas bisa saja berubah, selain itu harga satu dengan yang lainnya cukup berbeda, pasti akan ada selisih harga yang ditawarkan. Namun dibanding jenis atap lainnya, galvalum tetap memiliki harga terjangkau. Di dalamnya juga memiliki banyak sekali manfaat, yang pertama jelas harganya lebih terjangkau dan hemat, yang kedua bebas dari rayap, kita semua tahu bahwa bagian atap yang terbuat dari rangka kayu sangat rentang dengan rayap. Namun, dengan memilih atap galvalum Anda tidak akan merasa was-wasa dengan keberadaan rayap.

Manfaat lainnya ialah pembangunan lebih cepat, instan dan mudah. Karena jenis atap ini sangat tipis dan ringan, Anda bisa menyelesaikan pembangunan kurang dari 1 minggu. Karena bentuknya yang tipis dan ringan, jenis atap ini juga mudah dipindahkan dari satu tempat ketempat lainnya. Namun, ketahuilah bahwa pemasangan atap harus dilakukan oleh orang-orang yang profesional, agar hasilnya memuaskan dan nilai estetik di dalamnya terpancar dengan tepat. Ketahui juga bahwa jenis atap ini akan cepat panas, maka Anda harus pandai-pandai dalam mengatur suhu ruangan baik menggunakan AC maupun udara alami.

Bila saat ini Anda tertarik dengan atap dari galvalum maka segera dapatkan di toko terpercaya sekitar rumah Anda, lakukan survey di beberapa tempat untuk memastikan harga galvalum dan jenis-jenisnya yang tersedia. Dengan memilih galvalum Anda akan mendapatkan banyak manfaat dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *