Jenis-Jenis Batako dan Keunggulannya

Batako merupakan salah satu material bangunan yang digunakan untuk konstruksi dinding atau lantai rumah. Hampir mirip seperti paving block, batako ini dibuat dari bata beton (bata concrete), dalam bahasa bangunannya disebut juga bataton. Nah, bataton ini bahan bakunya berasal dari campuran kericak, semen, pasir, dan juga air. Batako juga sangat mudah ditemukan, harganya beragam, dan bobotnya cukup ringan untuk membangun rumah.

Batako ini sendiri dibagi lagi dalam beberapa jenis. Setiap jenis batako juga punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar tidak bingung, yuk simak ulasan di bawah ini.

Batako Tras atau Batako Putih

Jenis-Jenis Batako dan Keunggulannya

Jenis yang pertama adalah batako tras atau batako putih. Sesuai dengan namanya, batako ini dibuat dengan campuran tras, batu kapur, dan juga air. Karena itulah, batako ini disebut juga sebagai batu kapur tras. Tras sendiri merupakan jenis tanah yang asalnya dari gunung berapi, warnanya kadang putih kadang juga kecoklatan. Ukuran panjang batako putih kisaran 25-30 cm, ketebalan 8-10 cm, serta tinggi 14-18 cm.

Keunggulan dan Kekurangan Batako Putih

Batako jenis tras mempunyai beberapa keunggulan, sehingga sering dipakai sebagai dinding atau lantai. Di antara kelebihannya adalah:

  • Mudah Dipasang

Sesuai dengan namanya, batako ini dibuat dengan campuran tras, batu kapur, dan juga air. Karena itulah, batako ini disebut juga sebagai batu kapur tras. Tras sendiri merupakan jenis tanah yang asalnya dari gunung berapi, warnanya kadang putih kadang juga kecoklatan. Ukuran panjang batako putih kisaran 25-30 cm, ketebalan 8-10 cm, serta tinggi 14-18 cm.

  • Mudah Menyerap Air

Namun, meskipun ia mudah dipasang, batako ini tetap punya kelemahan. Batako tras tidak direkomendasikan jika ingin digunakan untuk area atau dinding yang sering terpapar air. Hal tersebut karena batako ini sangat mudah menyerap air sehingga dinding bisa saja berjamur dan lembab. Hal tersebut tentu akan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman.

  • Rapuh

Selain mudah menyerap air, batako tras juga sangat rapuh dan mudah patah. Sehingga, saat memasang batako ini, kamu harus ekstra hati-hati. Jangan sampai batako tersebut jatuh karena ia akan mudah pecah. Batako juga tidak disarankan untuk dipasang jika dalam kondisi lembab atau agak basah, karena hal ini membuat potensi dinding retak dan tak bertahan lama.

Batako Semen atau Press

Jenis-Jenis Batako dan Keunggulannya

Jenis batako yang kedua adalah batako semen atau press. Batako ini dibuat dengan material semen PC yang dicampur dengan abu atau pasir dan di-press sampai padat. Pembuatannya bisa dengan press tangan, bisa pula dengan press mesin. Kalau keduanya dibandingkan, batako hasil press mesin lebih padat daripada press manual dengan tangan. Jenis ini lebih panjang dari batako tras, ukurannya mulai dari 36-40 cm, dengan ketebalan 8-10 cm, serta tinggi 18-20 cm.

Keunggulan Batako Semen

Karena ukurannya yang lebih besar, proses pemasangan batako juga sangat cepat. Selain itu, beberapa kelebihan lainnya adalah:

  • Batako Kedap Air

Nah, yang membuat batako ini diminati banyak orang adalah kedap air. Jika ingin membuat dinding untuk luar rumah yang sering terkena air. Batako ini punya kemampuan untuk menghambat air meresap dan menyusup ke sela-selanya. Ia juga tahan terhadap kondisi cuaca apapun.

Tentu, setiap batako mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh harga yang berbeda setiap jenisnya. Oleh karena itu, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *