Ketahui Keunggulan Epoxy Lantai Ini Sebelum Anda Menerapkannya

Apakah anda ingin membangun atau merenovasi rumah, tapi bingung menentukan jenis pelapis lantai yang tepat? Lantai menjadi salah satu bagian dari bangunan yang perlu diperhatikan secara khusus kualitasnya. Karena hal ini bisa berpengaruh terhadap tampilan dan ketahanan sebuah bangunan. Nah, salah satu jenis pelapis lantai yang tepat dan memiliki kualitas baik adalah jenis Epoxy.

Epoxy lantai adalah sebuah pelapis untuk permukaan lantai dan bisa diterapkan diberbagai area. Misalnya saja lantai gudang, pabrik, area parkir, area bongkar muat barang, dan lain lain. Hal ini dikarenakan banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh lantai epoxy. Namun sebelum anda memutuskan untuk menerapkan lapisan epoxy, sebaiknya pertimbangkan terlebih dulu apa saja keunggulannya. Sehingga anda bisa menyesuaikan penggunaan epoxy dengan kebutuhan dan lokasi pengaplikasian. Nah, biar tidak bingung lagi dalam memilih pelapis lantai, perhatikan keunggulan epoxy berikut ini.

Keunggulan Lantai Epoxy untuk Bangunan

Keunggulan Epoxy Lantai

Sebelum memilih lantai epoxy untuk bangunan, mamang anda harus mempertimbangkan apa saja keunggulan jika menerapkannya. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan menerapkan epoxy lantai untuk bangunan anda.

1. Harga bisa menyesuaikan kebutuhan

Pelapis epoxy ini tersedia dalam berbagai harga, mulai dari harga murah hingga tergolong mahal. Faktor penentu harga ini bisa disesuaikan dengan ketebalan lapisan yang akan digunakan. Semakin tebal lapisan, tentu biaya yang harus dikeluarkan juga lebih mahal. Karena ada beberapa area yang memerlukan ketebalan 300 micro, contohnya saja lantai dalam bangunan. Sementara untuk area yang memiliki beban tinggi seperti kolam renang dan area parkir, dibutuhkan epoxy dengan ketebalan 1000 micro.

2. Ketahanan yang baik

Lapisan epoxy mampu memberikan daya tahan yang cukup baik dalam masa pemakaian yang panjang. Epoxy ini tahan terhadap jenis kotoran maupun noda dari bahan bahan kimia. Misalnya saja berbagai cairan seperti bensin, minyak, cairan transmisi, pemutih, dan noda lainnya. Maka tak heran jika penggunaan epoxy kerap diaplikasikan di area area yang rawan noda kimia, seperti bengkel ataupun industri industri kimia.

Tak hanya itu, epoxy juga memiliki ketahanan yang baik sebagai anti kuman dan anti bakteri. Keunggulan inilah yang membuat epoxy bisa diterapkan diberbagai area yang memerlukan tingkat kebersihan ataupun sterilisasi tinggi. Contohnya saja lantai rumah sakit, klinik, puskesmas, laboratorium, ataupun perusahaan makanan.

3. Sebagai proteksi terhadap lantai beton

Keunggulan selanjutnya dari penerapan epoxy, yaitu lapisannya bisa melindungi lantai berbahan beton dari permasalahan seperti kelembaban, minyak, noda, hingga terjadinya keretakan. Sehingga tak hanya bisa digunakan di dalam ruangan, epoxy juga bisa diterapkan di luar ruangan ataupun lokasi dengan kelembaban tinggi.

4. Tersedia dalam berbagai variasi

Ketika ingin menggunakan epoxy, anda bisa memilih berbagai variasi warna yang tersedia. Tampilan warna ini akan membuat lantai terlihat indah, lebih halus dan elegan. Terlebih lagi jika anda memilih jenis lapisan epoxy yang glossy, tentu tampilan pantai akan terlihat bercahaya dan mengkilap. Untuk desain lapisan epoxy, anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Misalnya saja untuk lapngan olahraga yang membutuhkan garis garis pembatas dan pola khusus, serta kolam renang untuk jalur dan penanda ketinggian.

Demikianlah tadi berbagai keunggulan menerapkan epoxy lantai pada bangunan. Tak hanya memperindah tampilan lantai, tapi ternyata epoxy juga memiliki banyak keunggulan terkait kualitasnya. Pastinya, keunggulan epoxy ini akan mempermudah anda dalam mempertimbangkan penggunaannya. Karena epoxy bisa mengatasi berbagai permasalahan pada lantai beton bangunan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *