Model Instalasi Listrik Rumah yang Aman

Adanya kasus kebaran rumah tiap tahunnya akibat arus listrik rata-rata mencapai 50% dari banyaknya kasus kebakaran. Kasus kebakaran rumah salah satunya diakibatkan oleh tidak terpenuhinya syarat pengaturan instalasi listrik yang aman, karena seringkali kualitas instalasi listrik sengaja dikurangi. Hal ini yang menyebakan masalah kebakaran sering terjadi pada rumah di daerah kumuh atau padat penduduk.

PT. PLN sebagai pemasok listrik hanya memasang pengukur konsumsi energi dan pembatas daya saja, dan banyaknya penyimpangan penggunaan instalasi listrik setelah adanya pemasangan tersebut. Banyak pengguna listrik yang sampai saat ini sering tidak mempedulikan peraturan instalasi listrik yang baik dan aman untuk menghindari kasus kebakaran. Agar kasus kebakaran disebabkan arus listrik dapat diantisipasi, maka upaya pencegahan yang dilakukan adalah dengan menerapkan model instaslasi rumah yang aman.

 

Rumah Bebas Kebakaran

Agar rumah terbebas dari bahaya kebakaran maka harus mengatrur model instalasi listrik sesuai persyaratan dan standart yang benar. Saat jasa instalasi listrik menyelesaikan pekerjaan instalasi listrik maka harus dilakukan pengecekan, dan pengujian oleh lembaga pemeriksa, penguji, dan sertifikasi (Konsui), sebelum nantinya PLN akan menyalurkan tegangan listrik ke rumah tersebut. Ada 2 model sistem instalasi listrik rumah yaitu model instalasi excisting dan model instalasi diusulkan.

Human error masih merupakan penyebab utama masalah kebakaran yang terjadi di rumah, dan antisipasi yang cocok adalah dengan memaksa pengguna atau konsumen listrik tidak menyalahgunakan instalsi listrik yang terpasang. Jasa instalasi listrik dapat anda gunakan untuk menolong mengatur sistem instalasi listrik yang aman digunakan oleh konsumen. Model instalasi listrik excisting menggunakan pengaman yang berfungsi mengantisipasi dan melindungi instalasi dari kejadian hubungan singkat arus listrik, sedangkan arus bocor pada instalasi listrik memerlukan perangkat tambahan seperti pengaman ELCB.

Penyimpangan dengan mengganti model instalasi listrik yang sebenarnya, terjadi karena harga pengaman ELBC relatif mahal, sehingga pengguna listrik rumah tangga sederhana tidak dapat membelinya. Pengaman ELBC juga kurang begitu efektif untuk mengatasi gangguan yang tidak melibatkan arus bocor ke tanah. Model instalasi listrik milik PLN memiliki fungsi untuk membatasi beban daya sesuai dengan kontrak yang terpasang.

Kapasitas yang dipasang melebihi pengaman PLN, menimbulkan kejadian kebakaran terjadi karena beban berlebih atau hubungan singkat karena pengaman PLN tidak berjalan dengan baik. Pemanasan yang berlebih pada kabel instalasi listrik rumah dapat memicu bahaya api, dan jika percikan api terjadi di box maka hal itu akan sulit dideteksi dan membahayakan penghuni rumah dan lingkungan sekitarnya. Model instalasi listrik yang diusulkan PLN untuk pengguna adalah dengan menggunakan sistem pengamanan.

Sedangkan model instalasi listrik yang disusulkan memiliki pengamanan yang dibuat terpadu, memiliki sistem pengamanan berupa komponen elektronik yang dapat digunakan sebagai alat ukur. Alat ukur dan pengaman  akan bekerja dengan cepat jika ada gangguan listrik. Adanya pengaman untuk menimalisir panas berlebihan dan kebocoran atau masalah pada kotak sambung, sehingga rumah anda akan terhindar dari kejadian kebakaran rumah.

Penyimpangan penggunaan instalasi listrik dapat membahayakan pemilik rumah, dan dapat menyebabkan pemicu awal masalah kebakaran rumah. Jika model instalasi listrik diterapkan dengan pengamanan yang terpadu maka hal itu akan mencegah adanya penyimpangan penggunaan instalasi listrik. Menggunakan jasa instalasi listrik untuk membantu mengatur model instalasi listrik, merupakan cara yang tepat untuk menghindarkan rumah dari bahaya kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *