Ini Dia Plafon yang Cocok Untuk Rumah Minimalis Anti Mainstream

Rumah minimalis merupakan istilah untuk menyebut rumah dengan ukuran kecil di mana rumah tipe ini membutuhkan perlakuan khusus dalam penataan interior ataupun eksterior nya. Hal ini dibutuhkan untuk membuat keserasian pada bentuknya yang mini sehingga tetap terlihat nyaman. Salah satu yang harus diperhatikan adalah dalam pemilihan plafon nya baik dari segi model, ataupun bahan yang digunakan, seperti plafon akustik, kayu dan lainnya.

Plafon yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

Saat ini banyak berkembang beragam variasi plafon dengan segala keunggulannya yang dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan. Namun, khusus untuk rumah minimalis, ada beberapa jenis plafon yang cocok digunakan dan dilihat dari beberapa faktor, diantaranya:

1. Berdasarkan Bahan Pembentuknya

Plafon Untuk Rumah Minimalis Anti Mainstream

Jika dilihat dari bahan pembentuknya, ada beberapa jenis plafon yang cocok untuk rumah minimalis, diantarnya adalah bahan kayu, PVC dan metal. Rumah minimalis yang berukuran kecil identik dengan hawa panas yang membuat ruangan terasa semakin sesak. Oleh sebab itu, pilihan plafon berbahan kayu dan PVC sangat cocok digunakan karena bahannya yang dingin.

Sementara itu, jika ingin memiliki plafon yang lebih tahan panas dan anti bocor, maka yang bisa memanfaatkan plafon PVC ataupun metal. Pada plafon metal sendiri memiliki banyak motif dan ukiran yang bisa disesuaikan dengan desain rumah minimalis yang anda miliki. Sementara plafon PVC bisa dipasang dengan mudah karena bahannya yang ringan, serta tetap menjaga suhu dingin yang ada dalam ruangan.

2. Berdasarkan Sifatnya

Plafon Untuk Rumah Minimalis Anti Mainstream

Berdasarkan sifatnya ada dua jenis plafon, yakni plafon biasa yang bisa menahan rumah dari terpaan cuaca, serta plafon yang memiliki formula anti bising atau kedap suara. Rumah minimalis memiliki luas yang terbatas, sehingga sangat mudah menerima suara yang berasal dari luar ruangan. Untuk mengatasi inilah, maka plafon yang bersifat kedap suara bisa jadi pilihan.

Hanya ada satu jenis plafon yang memiliki sifat kedap suara, yakni plafon akustik dengan bobotnya yang sangat ringan. Jika anda memiliki rumah minimalis yang berada pada area bising, dan menginginkan ketenangan dalam rumah, maka plafon ini sangat cocok digunakan. Tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan , karena proses pemasangannya yang mudah dan cepat, sehingga bisa mengganti kapan saja, tanpa memakan banyak waktu.

3. Berdasarkan Bentuknya

Plafon Untuk Rumah Minimalis Anti Mainstream

Banyak jenis plafon yang ada jika dilihat dari bentuknya, karena bentuk bisa disesuaikan oleh permintaan pemilik rumah. Agar terasa lebih sejuk dan mengurangi kesan minimalis, maka bentuk plafon yang tepat adalah menyamping dan skylight. Plafon menyamping bisa dibentuk dengan menyesuaikan atap yang dimiliki, di mana pemasangannya bisa dibentuk pada kemiringan tertentu dan bersekat. Posisinya yang miring  ini sangat cocok untuk rumah minimalis bergaya modern, selain sejuk, tampilannya sangat elegan. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan plafon skylight, yang mengganti beberapa plafon pada posisi tertentu dengan kaca, sehingga tampak transparan dan mendapat pencahayaan alami.

Dengan memperhatikan bahan, bentuk serta sifatnya, masih ada banyak jenis plafon yang bisa menyesuaikan bentuk rumah minimalis anda. Namun, beberapa pilihan di atas terbilang cukup unik dan belum banyak yang menerapkannya di rumah. Oleh sebab itu, anda juga bisa sekaligus memadukan keunikan plafon tersebut untuk desain rumah yang anti mainstream, seperti menggunakan plafon akustik dengan bentuknya yang menyamping. Semoga berbagai informasi yang telah diberikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *