Ternyata Begini Prinsip Kerja Mesin Gerinda

Gerinda bisa jadi perkakas yang penting pada banyak industri dan keperluan rumah tangga. Alat ini fungsinya mirip dengan gergaji kayu, yakni untuk memotong. Dalam hali ini materi yang dipotong atau dikikis berupa logam aluminium, besi, stainless steel dan batu. Dengan bantuan alat ini, benda-benda keras seperti batu dan besi mudah dipotong-potong atau diperhalus. Kemampuan hebat dari alat kecil ini karena putaran tinggi pada mata gerinda berbahan aluminium oxide dan silikon carbide sehingga mampu memotong, membelah, mengiris, mengikis, dan menghaluskan logam dan batu.

Terdapat dua jenis gerinda yang beredar di pasaran, yakni gerinda tangan manual dan gerinda mesin dengan kecepatan 2500 hingga 15.000 RPM. Gerinda tangan umumnya memiliki putaran antara 2500 hingga 10.000 RPM, sedangkan pada mesin gerinda kecepatan bisa mencapai 15.000 RPM. RPM atau rotation per minute merupakan satuan pengukur kecepatan putaran sebuah objek dalam satu menit. Semakin tinggi RPM pada gerinda, maka akan semakin tajam mata gerinda memotong objek. Tak heran saat ini semakin banyak penjual alat penambah kecepatan RPM ini.

Prinsip Kerja Mesin Gerinda

Prinsip Kerja Mesin Gerinda

Gerinda dan komponen di dalamnya merupakan kesatuan padu yang difungsikan untuk memotong objek keras seperti logam dan batu. Saat listrik berdaya 850 W dialirkan ke alat ini, maka rotor pada mesin berputar kencang. Jika rotor yang berputar kencang ini dipasang mata gerinda, maka mata gerinda ini bisa memotong atau membelah benda keras. Atas dasar itulah perkakas ini menjadi penting bagi banyak kalangan terutama pelaku industri, baik kecil, UMKM, maupun indstri besar.

Prinsip Kerja Mesin Gerinda

1. Rotor

Rotor pada motor mesin gerinda merupakan komponen yang paling penting, sebab tanpa komponen ini maka tidak akan tercipta putaran. Putaran pada rotor ini dihasilkan dari hubungan lilitan kawat tembaga yang beraliran listrik dengan medan magnet di pusatnya yang menghasilkan torsi putaran di sekitar sumbu. Atas dasar ini, maka untuk meningkatkan RPM pada gerinda dengan memperbesar arus daya pada lilitan dan medan magnet. Tetapi perlu diingat, bahwa semakin tinggi RPM akan semakin tinggi pula daya listrik yang diperlukan. Di ujung poros rotor inilah dipasang mata gerinda untuk memotong logam dan batu.

Prinsip Kerja Mesin Gerinda

2. Mata Gerinda

Mata gerinda atau batu gerinda adalah material berbahan aluminium oxide yang digunakan untuk memotong logam dan silikon carbide untuk memotong batu. Mata gerinda ini berbentuk lingkaran cakram tipis yang jika bersentuhan dengan material metal dan batu pada kecepatan tinggi akan mampu memotong atau mengiris objek tersebut. Semakin kencang putaran pada mata gerinda akan semakin tajam pula mata gerinda meggilas objek yang dieksekusinya. Mata gerinda berstandar SNI umumnya memiliki ukuran yang sama sehingga dapat diaplikasi pada gerinda manual dan mesin.

Harga gerinda tangan di pasar berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta. Untuk ukuran perkakas bermesin multiguna, seperti gerinda, patokan harga Rp 300 ribu tergolong murah jika dibandingkan dengan hasil yang diperoleh. Gerinda tangan ini dapat difungsikan menjadi semi otomatis dengan dudukan permanen yang dapat menciptakan hasil potongan yang persisi. Dengan alat bantu ini, pekerja sangat terbantu dan pekerjaan memotong menjadi lebcih cepat dan mudah. Sayangnya alat ini dijual terpisah dengan gerinda itu sendiri. Sedangkan harga mata gerinda berkisar antara Rp 7 ribu hingga Rp Rp 30 ribu per item.

 

Dapatkan harga mesin gerinda terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *