Tampilkan Desain Rapi Lisplang Rumah Anda Dengan Lisplang GRC

Sebuah rumah pasti memiliki atap yang dipercantik dengan tampilan lisplang. Orang yang bekerja di bidang bangunan pasti mengerti bahwa lisplang merupakan bagian yang cukup penting untuk sebuah rumah. Anda bisa melihat bagian lisplang dengan mudah pada tepian atap rumah anda.

Lisplang merupakan sebutan yang diperuntukkan bagi tepian atap rumah yang mampu membuat tampilan atap terlihat rapi dari bawah. Selain berfungsi sebagai pelengkap atap rumah, lisplang juga berfungsi untuk mengalirkan air hujan. Kami akan menyertakan pembahasan mengenai lipslang lebih dalam pada uraian di bawah ini.

Tips memilih bahan lisplang terbaik beserta cara pemasangannya

Di rumah-rumah tradisional, kita bisa melihat bahwa mereka masih menggunakan lisplang kayu sebagai solusi estetika dan konstruksi pada atap rumah mereka. Padahal kayu merupakan bahan yang kurang awet jika digunakan sebagai lisplang atap rumah.

Untuk bisa memilih bahan terbaik lisplang, sebaiknya anda memilih bahan lisplang dari GRC. Lisplang yang terbuat dari GRC atau glass-fiber reinforced concrete biasanya lebih memiliki ketahanan yang bagus terhadap air dan api. Oleh karena itu lisplang bahan GRC tahan jamur dan bisa awet dalam jangka waktu yang lama.

Kelebihan lain dari GRC board yang dimanfaatkan sebagai lisplang adalah tampilannya yang variatif. Anda bsa memilih lipslang dari bahan GRC ini dengan bentuk yang trendi dan mengikuti perkembangan jaman sehingga tidak terkesan kuno. Kekokohan bahan lisplang yang terbuat dari bahan GRC ini memang menyerupai beton, namun lisplang bahan GRC memiliki kelenturan yang lebih baik.

Selain memerlukan perawatan yang lebih minim daripada bahan lisplang lainnya, lisplang GRC ini memiliki tidak mudah rusak dan memiliki harga yang lebih ekonomis. Pemasangannya yang mudah pun juga menjadi nilai unggul tersendiri bagi lisplang ini.

Berkaitan dengan cara pemasangan lisplang GRC, ada dua cara yang bisa anda gunakan. Yaitu cara pemasangan vertikal dan horizontal. Berikut ini detail penjelasannya.

1. Pemasangan GRC board sebagai lisplang dengan metode vertikal

Pemasangan lisplang dengan metode ini diklaim merupakan metode yang lebih mudah daripada yang lain. Prosesnya yang sederhana dan mudah dikerjakan juga membuat banyak orang lebih memilih metode yang satu ini untuk memasang lisplang atap rumah mereka.

Cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat lisplang vertikal adalah dengan menyekrup lisplang berbahan GRC pada reng baja ringan yang ada pada rumah. Walaupun terkesan sederhana, namun pemasangan lisplang dengan metode yang satu ini diklaim kurang efektif.

Hal ini dikarenakan apabila lisplang dipasang secara vertikal, lisplang tidak akan tersambung dengan kuat pada rangka baja ringan tempatnya disekrup. Namun begitu, banyak perumahan di Indonesia yang menerapkan pemasangan lisplang secara vertiikal.

2. Pemasangan lisplang bahan GRC dengan metoe horizontal

Metode pemasangan lisplang bahan GRC secara horizontal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengukur panjang lisplang yang akan dipasang. Setelah itu, sekrup lisplang pada rangka baja ringan dengan jarak sekrup yang tidak terlalu berjauhan. Usahakan jarak antar skrup yang dipasang mencapai 30 cm agar ikatan lisplang pada rangka baja ringan menjadi kuat.

Setelah itu, berikan dempul pada sekrup pemasangan lisplang yang telah dilakukan. Dempul atau yang bisa disebut sebagai outer ini berfungsi agar sekrup tampak rapi dan tidak mengganggu keindahan dari lisplang yang telah terpasang. Baru jika pada sekrup sudah terpasang dempul, baru lisplang bisa di cat sesuai dengan keinginan.

Memasang lisplang harus memperhatikan berbagai cara. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memilih bahan lisplang yang baik seperti GRC board. Dengan harga yang cukup ekonomis dan memiliki berbagai kelebihan, anda bisa memasang lisplang berkualitas yang efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *