Tips Memilih Kusen dengan Mudah dan Tidak Buat Menyesal

Mempunyai rumah merupakan idaman semua orang. Bagi yang ingin membangun rumah biasanya banyak hal yang perlu disiapkan dan dipertimbangkan, salah satunya adalah komponen-komponen rumah itu sendiri. Komponen rumah sangat perlu dipersiapkan sejak awal karena komponen tersebut yang akan menentukan bagus atau tidaknya rumah kamu. Biasanya penentuan ini berdasarkan anggaran biaya yang telah direncanakan sejak awal. Adapun komponen tersebut meliputi desain bangunan hingga detail properti bangunan seperti kusen pada jendela dan pintu rumahmu.

4 Tips Memilih Kusen yang Baik

Tips Memilih Kusen

Walaupun terkesan diremehkan, kusen merupakan komponen yang perlu diperhatikan. Kusen biasanya dipasang di pintu ataupun di jendela rumah. Terkadang, kusen bisa saja tidak tahan lama karena sejak awal dipilih jenis kusen yang tidak tepat dengan rumah. Untuk itulah ada beberapa tips bagaimana cara memilih jenis kusen yang benar dan sesuai dengan rumahmu agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Perhatikan Ukuran Kusen

Ukuran kusen harus diperhatikan. Biasanya, setiap pintu atau jendela rumah memiliki ukuran tertentu sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Untuk itu pula, perlu diperhatikan ukuran kusen yang melengkapinya. Lebih baik, kamu pilih ukuran kusen yang bisa kamu tentukan sendiri. Jika tidak kamu bisa bertanya kepada yang lebih ahli dalam mengukur ukuran kusen.

2. Memperhatikan  Bahan yang Digunakan

Bahan kusen merupakan hal utama yang harus diperhatikan selanjutnya. Hal ini akan berdampak pada tingkat ketahanan kusen itu sendiri. Pilihlah bahan yang tidak mudah rusak, seperti salah satu contohnya adalah kusen UPVC. Kusen jenis ini merupakan kusen jenis terbaru yang didesain dengan bahan Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Walaupun terbuat dari plastik, bahan UPVC sudah melalui tahap pengerasan, sehingga sifat kelenturan dari plastik ini hilang dan didapatkan bahan kusen yang keras serta sangat awet jika diaplikasikan jangka panjang. Selain itu, biasanya jenis kusen ini juga mempunyai garansi yang cukup lama, yakni hingga 10 tahun. Kamu tidak perlu khawatir jika kusen rumahmu mengalami kerusakan tanpa harus memikirkan biaya anggaran yang akan dikeluarkan.

3. Pilih Desain Kusen

Kamu juga perlu memperhatikan desain kusen yang kamu pilih. Desain kusen harus cocok  dengan pintu atau jendela kamu ketika nanti ditempelkan. Desain juga meliputi pilihan warna dan motif. Agar cocok dengan semua jenis desain pintu dan jendela apa saja, maka kusen sebaiknya dipilih dengan desain yang standar. Kamu juga bisa merancang desain untuk kusen terlebih dahulu sebelum kamu serahkan kepada ahlinya untuk dibuatkan.

4. Pikirkan Anggaran

Pemilihan kusen ini juga akan masuk ke anggaran tentunya. Untuk itu, kamu harus benar-benar memilih jenis kusen yang tepat yang murah dan hemat anggaran, tapi tetap memberikan kualitas terbaik. Untuk jenis kusen yang murah dan berkualitas, kamu bisa memilih jenis kusen UPVC. Jenis kusen ini selain memiliki kualitas tinggi, harganya juga sangat murah karena terbuat dari plastik. Material dari bahan ini pun sangat tahan lama serta tahan terhadap berbagai macam masalah kusen. Hal ini pastinya lebih menghemat pengeluaran kembali, khususnya anggaran perawatan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin memilih kusen pintu untuk rumah kamu. Pastikan pilihanmu adalah benar agar tidak boros biaya dan tidak menyesal di kemudian hari. Selain itu juga, kamu perlu merawat kusen pintu yang kamu pilih dari berbagai kerusakan yang mengakibatkannya tidak bertahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *