Tips Memilih Waterproofing Terbaik untuk Rumah

Semua orang pasti menginginkan rumahnya tidak bocor dan tidak terdapat rembesan air yang mengganggu. Salah satu cara paling efektif untuk mencegah hal tersebut adalah dengan waterproofing atau memberi lapisan kedap air. Melapisi struktur bagian rumah tertentu dengan lapisan kedap air dapat menutup celah-celah pada dinding sehingga air tidak mungkin bisa masuk. Sifat lapisan ini elastis sehingga fleksibel untuk diterapkan di bagian mana saja. Bila kamu berminat menggunakan lapisan kedap air dan bingung bagaimana cara memilihnya, simak ulasannya di bawah ini!

5 Tips Agar Mendapatkan Lapisan Kedap Air yang Cocok Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Waterproofing

Memilih waterproofing bukanlah perkara yang mudah. Biasanya, orang yang masih awam akan menganggap bahwa semua lapisan kedap air itu sama dan bisa diterapkan di area mana saja. Padahal itu adalah anggapan yang salah. Dibutuhkan cara-cara tertentu untuk mendapatkan lapisan kedap air yang terbaik sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara memilih lapisan kedap air yang tepat, ikuti 5 tips berikut ini!

1. Ketahui Bahan Dasarnya

Untuk memilih lapisan kedap air yang terbaik, kamu harus tahu dulu bahan dasar yang digunakan. Ada beberapa bahan lapisan kedap air yang biasa dijumpai di pasar, antara lain cement based, polyurethane, dan akrilik. Setiap bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Maka dari itu, kamu perlu mengenali semua jenis bahan dasar lapisan kedap air agar tidak salah dalam memilih. Jangan segan untuk tanyakan pada pemilik toko apabila kamu merasa kebingungan.

2. Tentukan untuk Area Mana Saja

Tidak semua bagian rumah perlu diberi lapisan kedap air. Pilihlah beberapa titik tertentu yang dirasa perlu, seperti atap rumah, dinding bagian luar, basement, lantai, dan kamar mandi. Dengan menentukan titik-titik itu, kamu dapat mengestimasi kebutuhan lapisan kedap airnya. Selain itu kamu juga bisa memutuskan mau menggunakan lapisan kedap air dengan bahan dasar apa. Sebab, setiap bahan dasar memiliki kegunaan yang berbeda. Misalnya, lapisan kedap air untuk kebutuhan kolam renang akan berbeda dengan kebutuhan untuk atap rumah.

3. Sesuaikan dengan Budget

Setiap mau mengeluarkan uang untuk kebutuhan tertentu, sebisa mungkin sesuaikan dengan budget atau anggaran yang kamu miliki. Termasuk jika kamu hendak memberi lapisan kedapm air pada beberapa bagian rumah. Harga yang kamu bayar akan mempengaruhi kualitas seperti apa yang kamu dapatkan. Dan perlu kamu tahu setiap bahan lapisan kedap air mempunya harga yang relatif berbeda. Jadi, hitung kembali anggaran yang kamu miliki. Jika dirasa sudah pas, segera beli lapisan kedap air dengan kualitas yang terbaik.

4. Bandingkan Berbagai Harga

Untuk mendapatkan harga yang terbaik, sangat disarankan kamu membandingkan harga lapisan kedap air di beberapa toko. Semakin banyak membandingkan, maka semakin banyak referensi harga terbaik yang bisa kamu pilih. Tapi ingat, jangan sampai kamu ditipu dengan dalih harga murah padahal kualitasnya sangat buruk. Telitilah bahan apa yang digunakan untuk lapisan kedap air, kualitasnya, hingga ketahanannya dalam melindungi bagian rumah yang berisiko bocor atau kena rembesan air.

5. Tanyakan Pada Ahlinya

Tips terakhir agar kamu mendapatkan lapisan kedap air terbaik adalah dengan menanyakan pada ahlinya. Kamu bisa menanyakan kepada temanmu yang pernah pakai lapisan kedap air atau kepada orang yang memang sudah profesional di bidang tersebut. Minta kepada mereka rekomendasi lapisan kedap air yang cocok untuk kebutuhanmu. Dengan cara seperti itu, kamu tidak akan bingung lagi memilih lapisan kedap air yang tepat berdasarkan kebutuhan dengan kualitas yang terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *