Tips Mewujudkan Arsitektural Hanok Melalui Desain Interior Rumah

Hanok ada sebutan untuk rumah adat yang berasal dari Korea. Popularitas budaya korea menyebar ke berbagai penjuru Asia sejak terjadinya gelombang hallyu.  Drama dan musik korea berperan besar dalam penyebaran budaya ini.

Gelombang hallyu menyebabnya pergeseran minat masyarakat pada beberapa hal berbau korea.  Salah satunya adalah desain interior khas Hanok, rumah adat korea. Tak heran jika permintaan wallpaper korea cukup banyak.

Hanok adalah rumah adat yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti batu, kayu, tanah liat, genting, jerami, dan hanji (kertas). Hanok yang sesungguhnya juga dibangun menghadap Timur atau Selatan, dalam posisi menghadap sungai dan membelakangi gunung.  Ciri khas lain dari Hanok adalah bentuk atap yang melengkung ke atas, disebut dengan cheoma.

Hanok beratap genting (giwajip) dimiliki oleh kalangan menengah ke atas, sedangkan hanok beratap jerami (chogajip) dimiliki oleh kalangan bawah.  Jenis Hanok yang menginspirasi banyak orang tentang rumah korea adalah giwajip.  Setelah memahami sedikit seluk beluk rumah korea, yuk kita simak tips menata ruangan rumah dengan gaya interior ala Hanok!

Hanok adalah Rumah Kayu yang Minimalis

Kayu adalah material utama yang menyusun Hanok. Dalam desain modern, penggunaan hanji banyak digantikan oleh kaca. Umumnya rumah korea cukup simpel dan tidak memiliki banyak ruang.

 

 rumah korea

Ruang keluarga berfungsi ganda sebagai ruang tamu yang berkesan hangat serta akrab.  Pada rumah tradisional Hanok, ruangan ini dilengkapi dengan ondol, penghangat ruang yang terletak di bawah lantai kayu. Dinding bangunan terdiri dari kombinasi kayu dan kaca. Jika tidak memungkinkan membangun rumah dengan material kayu, kamu bisa gunakan wallpaper dinding korea untuk menghadirkan kesan tersebut.

Menghidupkan Suasana Hangat dan Tenang

Suasana hangat dan tenang di dalam Hanok adalah efek dari penggunaan material kayu.  Warna-warna kayu seperti coklat atau krem adalah pilihan warna yang tepat untuk dinding rumah. Warna terang seperti putih masih cocok kamu gunakan jika dikombinasi dengan dekorasi yang tepat. Pilihlah motif wallpaper dinding korea yang simpel dan senada dengan warna dinding rumahmu.

Hanok yang sesungguhnya memiliki paviliun yang berfungsi untuk menyepi dan relaksasi.  Ruangan ini juga digunakan untuk menyalurkan hobi. Untuk menambahkan kesan tenang, paviliun dibangun di tengah taman.  Agar tetap hemat dan berfungsi sama, kamu dapat menambahkan taman mungil di samping ruangan keluarga.

Jika tidak memungkinkan untuk membangun taman outdoor. Kamu bisa membuat mini garden indoor di beberapa sudut ruangan yang terkena cahaya matahari penuh. Tak hanya taman, kamu juga bisa membuat kolam mini loh.  Berbagai inspirasi desain serta cara membuat taman dan kolam mini bisa kamu dapatkan dari internet.  Selain unsur warna, elemen tanaman dan suara gemericik air kolam akan menambah ketenangan di dalam rumahmu.

Menggunakan Sedikit Furnitur

Perhatikan desain interior yang tampak saat kamu menonton drama korea.  Hampir seluruh desain ruangan menampilkan dekorasi ruang minim furnitur bukan? Seperti misalnya pada ruang makan, hanya terdiri dari meja kayu berkaki rendah dan alas duduk berupa bantal tipis. Korea memang memiliki budaya makan dengan duduk bersila, kita menyebutnya lesehan.

desain interior korea

Contoh lainnya adalah desain kamar tidur.  Mayoritas kamar korea menggunakan dipan single bad yang rendah, atau bahkan hanya kasur tanpa dipan.  Pemilihan wallpaper korea untuk dekorasi dinding umumnya menimbulkan kesan tenang. Perpaduan warna yang digunakan pun tampak seragam yaitu putih, coklat, dan krem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *